Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Google Adsense : Cara Daftar, Keuntungan, dan Cara Mudah Diterima (Lengkap!)

Google Adsense : Cara Daftar, Alasan, Keuntungan,  dan Cara Mudah Diterima (Lengkap!)

Hai sobat omahinfo,
Google melalui salah satu produknya yang bernama google adsense memberikan Kalian para publisher untuk mendapatkan uang secara online. Google Adsense sendiri merupkan program yang paling banyak di gemari dan menjadi dambaan di Indonesia. Sejak tahun 2012, secara resmi Google Adsense mendukung website berbahasa Indonesia, kesempatan itu pun tidak dibiarkan begitu saja para blogger di Indonesia yang kemudian banyak dari mereka yang mendaftarkan blog mereka di Google Adsense. Google Adsense memberikan berbagai keuntungan publishernya daripada mitra publisher laiinya, berikut cara daftar dan tips mudah diterima google Adsense baik via desktop maupun via android. 

Google Adsense semakin meningkatan aturan untuk menjaga informasi yang sehat yang disajikan kepada para penikmat pengguna mesin pencari google. Menjadi salah satu publisher dan mendapatkan penghasilan tambahan dari Google Adsense itu bukanlah hal yang mudah. 

Beberapa blogger atau calon publiser yang gagal menjadi mitra publisher google adsense, ini dikarenakan website atau blog mereka yang di daftarkan kurang memenuhi kriteria yang diinginkan oleh pihak Google, Hal ini dikarenakan google menginginkan website atau situs yang berkerja sama dengan mereka adalah situs yang berkualitas dan memenuhi aturan yag diberlakukan.


Google Adsense

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai Google Adsense, alangkah baiknya jika kita mengetahui sedikit banyak informasi tentang Google Adsense. Google Adsense sendri adalah program pengiklanan dari google yang menawarkan setiap calon publisher untuk mendapatkan uang dengan syarat website, blog atau channel mereka memenuhi kriteria dari google. Website atau blog maupun channel yang sudah diterima aan menampilkan iklan berupa tex, gambar, video dan iklan interaktif. Ada dua istilah penting terkait menghasilkan uang dari google Adsense yaitu
  1. CPM (per seribu), setiap perseribu pengunjung yang berkunjung ke website atau blog anda, Anda akan mendapatkan nominal tertentu.
  2. CPC (per klik), setiap kali pengunjung mengklik iklan di website Anda, Anda akan mendapatkan pundi-pundi uang yang nominalnya cukup besar.

Alasan Lebih Memilih Google Adsense dari Mitra Lainnya

Ciri yang paling mudah untuk melihat sebuah webiste mengikuti program kemitraan dengan google Adsense adalah munculnya iklan-iklan yang berada di bagian sidebars atau tengah-tengah artikel (hal ini tergantung pemilik website atau blog untuk mengatur penempatan iklannya). Hampir kebanyakan para pemilik website atau blog melakukan monetisasi dengan menggunakan program kemitraan dari Google Adsense karena ada beberapa alasan yang mungkin mendasarinya, diantaranya:


1. Mudah digunakan

Hal ini dikarenakan jika Anda diterima menjadi salah satu publisher Google Adsense, Anda tinggal mengkopi kode iklan yang telah disediakan untuk di tempatkan di website atau blog Anda.


2. Dikenal oleh Google 

Adsense sendiri adalah produk keluaran google, jadi jika anda website atau blog diterima, maka blog anda memenuhi standar Google.


3. Dengan satu akun bisa digunakan untuk beberapa Website,

Jika Anda telah memiliki satu akun adsense yang diterima, Anda bisa memasangkan iklan ke beberapa website yang telah memenuhi syarat Adsense dan tidak perlu membutuhkan akun adsense yang berbeda-beda untuk blok yang berbeda


4. Forum support,

Adsense sendiri menfasilisati para publishernya dengan forum penunjang khusus yang menyajikan turial dan panduan penggunaan google Adsense.


5. Terkait pembayaran 

Anda tidak perlu khawatir, karena google Adsense sangat transparan terkait hal ini. Hal ini bisa dijamin, tidak mungkin Google Adsense yang merupakan salah satu produks dari Google akan melakukan penipuan atau kecurangan, Jika hal itu dilakukan, maka akan merusak nama Google di masyarakat dunia.

Keuntungan Menjadi Publisher Google Adsense

Sebelum Anda mendaftar menjadi salah satu publisher Google Adsense, akan lebih baik jika Anda mengetahui beberapera keuntungan atau kelebihannya: 
  1. Penghasilan Tambahan, Hal ini bisa dikatakan betul sekali, karena keuntungan utama menggunakan Google Adsense adalah uang yang akan kita dapatkan. Jika Website Anda diterima dan Anda telah memasang kode iklan, maka pundi-pundi uang akan datang ke kantong Anda menjadikan penghasilan tambahan bagi Anda. Tapi besar kecilnya penghasilan akan tergantung dari tingkat popularitas websute Anda dan besar nilai iklan yang ditawarkan oleh pengiklan.
  2. Iklan yang Tayang sesuai dengan Konten Anda, Konten menjadi bagian yang paling penting atau sering dikatakan koten adalah raja, karena konten Andalah yang akan menarik perhatian pengunjung tapi tetap memperhatikan penyajian yang enak dibaca. Iklan yang nantinya muncul akan disesuaikan denan isi konten website atau blog Anda, sehingga iklan tidak begitu mengganggu.
  3. Bentuk Iklan yang dapat disesuaikan, Bentuk iklan yang akan kalian tampilkan di website atau blog kalian dapat dengan mudah diatur ukuran, bentuk dan latar belakang iklan. Selain itu juga Google menyediakan iklan responsif yang akan menyesuaikan yang memdudahkan kalian dalam pemasangan, tidak perlu edit sana-sini, tinggal mengantur di setinggan di situs Akun Google Adsense Anda.
  4. Banyak Referensi di Google, Jika kalian mengalami beberapa permasalahan mengenai pemasangan iklan google Adsense dan lain sebagainya, Anda tinggal dengan mudah mencarinya di dengan menggunakan google search karena banyak sekali referensi yang anda akan dapatkan.
  5. Statistik Lengkap, Pada Dasboard Google Adsense menampilkan statistik dan analisi lengkap kepada para publisher. Kalian akan mendapatkan banyak sekali fitur seperti jumlah klik, penghasilan perseribu dan perklik, bounce rate, penghasilan, dan masih banyak lainnya. Selain tiu Google Adsense juga menyediakan fitur untuk memblokir iklan yang kalian tidak sukai. 

Sampai sini, apakah para sobat omahinfo begitu tertarik menjadi publisher google Adsense. Jika kalian tertarik maka kalian harus memperhatikan beberapa hal penting yang harus dipersiapkan untuk mendaftar google Adsense.

Cara Mudah Diterima Google Adsense

Sebelum Anda mendaftarkan Website atau blog Anda, Anda harus mengetahui bahwa tidak semua website atau blog akan di terima oleh Goole Adsense. Hal ini terjadi dikarenakan dan kemungkinan besar bahwa website atau blog Anda kurang memenuhi TOS(Term of Service) dari google sendiri. Oleh karena itu ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan,sehingga mudah langkah Anda untuk mendaftarkan google Adsense, diantaranya : 

1. Pastikan Umur Anda Lebih dari 18 Tahun 

Google Adsense hanya menerima publisher barunya yang memiliki umur lebih dari 18 Tahun. Jika umur Anda belum mencukupi Anda bisa menggunakan nama salah satu dari keluarga kalian yang umurnya memenuhi syarat. Hal ini akan berhubungan dengan akun dan pengiriman kode pin google Adsense Anda serta terkait pembayaran Anda.

2. Pastikan hanya memiliki 1 Akun Google Adsense

Google Adsense hanya memperbolehkan setiap publisher memiliki satu akun Google Adsense saja. Dengan satu akun Anda bisa menggunakan untuk beberapa Website atau blog yang ingin Anda pasangi iklan, asalkan website atau blog tersebut memenuhi TOS(Term of Service) dari google.

3. Terindeks di Google

Pastikel Website atau blog beserta seluruh konten terindeks di google. Anda bisa memanfaatkan google search console untuk mengecek sudah terindeks atau belum. Jika belum Anda tinggal menduplikat link artikel kemudian kita tempel di menu Inspeksi URL untuk mempercepat pengindekskan di google.

4. Umur Website atau Blog

Untuk perihal umur website hal ini harus diperhatikan, karena jika kalian sudah membuat website datau blog sudah lam kemudian membeli domain baru maka website atau blog kalian akan dihitung sebagai website atau blog baru. Bila blog Anda saatini sudah berumur 6 bulan adalah umur ideal untuk menyakinkan pihak Google Adsense bahwa blog Anda telah siap untuk dipasang iklan.

5. Jumlah dan Isi Konten

Jumlah konten pada website atau blog harus Anda perhatikan, usahakan kontennya banyak dan bermanfaat sehingga Goole akan melihat Website atau blog Abda potensial untuk dipasang iklan Adsense. Selain jumlah Konten yang Anda juga harus memperhatikan konten yang tidak disukai oleh Adsense :
  • Pornografi
  • Konten Bajakan
  • Tutorial Hacking
  • Obat-obatan Terlaran
  • Kekerasan
  • dan Hal ilegal lainnya.

6. Memiliki Pengunjung

Setelah memastikan konten, Website atau blog Anda haruslah mempunyai pengunjung unik yaitu berasal dari google rutin setiap harinya. Bnyaknya jumlah pengunjung pada website atau blog anda akan berkaitan dengan semakin besar atau kecil pendapatan.

7. Navigasi Website atau Blog

Sebuah Website yaang mengabaikan navigasinya kemungkinan besar akan di tolak Adsense. Gunakanlah template blog yang terbaik atau premium karena selain desainnya bagus, sistem navigasinya tidak membingungkan dan lemot, sehingga kenyamanan user atau pengunjung atau pembaca tetap terjaga dan nilai Bounce ratenya akan tidak terlalu tinggi. 

8. Konten Yang Unik

Google akan menerima konten yang mengutamakan originalitas, unik, menarik dan fresh. Sebagus apapun tampilan website yang anda sajikan, jika konten Anda itu tidak menarik, maka sulit mendatangkan trafik. Jika seorang user atau pengunjung atau pembaca sudah nyaman dengan website Anda, maka mereka akan menyarankan Website atau Blog Anda kepada orang lain. Jika Kalian perhatikan dengan seksama, konten-konten yang banyak beredar di Intenet mempunyai topik yang sama hanya saja cara penyajian dan gaya penulisan mereka yang berbeda.

9. Buatlah Halaman Informasi Pendukung

Halaman informasi pendukung yang dimaksud adalah Halaman About, Contact, Privacy Policy, Diclamer, dan Sitemaps. Jika Anda tidak membuat halaman ini, bisa saya pastikan Website Anda Akan ditolak, karena halaman ini sudah termuat dalam kebijakan Google Adsense.

10. Update Rutin Selama Masa peninjauan

Lakuakan update artikel atau konten rutin selama masa peninjauan. Hal ini terbukti ampuh dan memudahkan jalan kita agar diterima Adsense, sekaligus membuktikan bahwa website atau blog Anda layak untuk berkerjasama dengan program kemitraan Google Adsense.

Jika beberapa hal diatas sudah Anda Lakukan, maka bisa dipastikan website atau blog Anda siap untuk di daftarkan ke Google Adsense.

Cara Daftar Google Adsense

Google Adsense bisa dikatakan pohon webssite atau blog kita yang nantinya akan menghasilkan buah berupa pundi-pundi uang yang akan bisa kita nikmati. Cara mendaftar Google Adsense bukanlah sebuah hal yang sulit, kalian hanya memerlukan email (gmail) dan website tau blog yang sudah aktif. Berikut tahapan-tahapan cara mendaftar google Adsense : 

Cara Daftar Google Adsense langsung di terima
source : screnshot from my adsense

  • Setelah itu akan muncul halaman pendaftaran. Masukkan alamat Website atau blog Anda pada bagian "Situs Anda". Kemudian masukkan alamat email Anda pada bagian "Alamat Email Anda", saya sarankan menggunakan email yang baru, biar nanti gak pusing bercampur dengan email-email lain, Tapi jika ingin memakai email yang sama dengan email blog juga tidak menjadi masalah.
Cara Daftar Google Adsense lagsung diterima
source : screnshot from my adsense

  • Setelah itu pada bagian "Info Adsense", Sebaiknya Anda memilih "Ya" agar pihak google dapat membantu memaksimalkan AdSense anda. 
  • Klik Simpan dan lanjutkan.
  • Setelah Anda Klik Menu Simpan dan Lanjutkan, Anda akan diarahkan ke halaman selanjutnya dengan profil yang muncul diatas adalah email yang tadi Anda masukan ke bagian "Alamat Email Anda".
  • Pilih negara atau wilayah tempat tinggal Anda.
Cara Daftar Google Adsense langsung diterima
source : screnshot from my adsense

  • Pada Bagian "Tinjau dan setujui Persyaratan dan Ketentuan Kami", bacalah secara menyeluruh yang menjadi Persyaratan dan Ketentuan AdSense agar Anda mengetahuinya. Jika sudah yakin dan paham, silahkan centang "Ya, Saya telah membaca...".
  • Kemudian Klik Buat akun Adsense.
Cara Daftar Google Adsense langsung diterima
source : screnshot from my adsense

  • Jika Anda berhasil, Anda akan masuk pada dashboard Adsense. Kemudian Anda diminta untuk melengkapi ‘Payment address detail’. Isilah data sesuai dengan Alamat yang tertera di KTP Anda. Tulis Selengkapnya untuk mempermudahkan dalam pengiriman Pin Adsense, Jika penghasilan Anda telah melebihi 10$.
Cara Daftar Google Adsense langsung diterima
source : screnshot from my adsense

  • Setelah proses itu selesai, Anda diminta memasangkan kode Adsense yang telah disediakan ke website atau blog yang Anda daftarkan. Lokasi script kode Iklan bisanya ditaruh diantara "<head>" dan "</head>. Biasanya ditaruh persih di bawah kode <head>.
Cara Daftar Google Adsense langsung diterima
source : screnshot from my adsense

  • Jika Anda Sudah menempelkan script kode kembali ke dashboard Adsense, centang tulisan " Saya telah menempatkan kode di website saya. Kemudian Klik Selesai. Adsense Akan secaraotomatis mengecek apakah Kodenya benar-benar telajh dipasang apa belum.
  • Jika Sudah terpasang, maka proses pendaftaran google Adsense berakhir sampai disini. Jangan lupa untuk selalu mengecek email yang masuk siapa tahu Website atau blog Anda telah diterima dalam program kemitraan Adsense.

Cara Daftar Google Adsense via Android

Cara Daftar Google Adsense via smartphone
source : screnshot from my adsense

Sebenarnya tata cara pendaftaran Google Adsense tidak ada bedanya baik via desktop maupun via Smartphone. Mungkin yang menjadi pembeda adalah ketika ukurannya yang semakin diminimalisir ketika berada di Smarphone. Saya sarankan lebih enak dan nyaman mendaftar menggunakan desktop baik itu laptop maupun komputer pribadi, dengan tampilan yang luas membuat Anda akan nyaman dan memahami setiap detil prosesnya.


Waktu Review Adsense

Waktu yang dibutuhkan adsense review atau meninjau website atau blog Anda yaitu sekitar 1 sampai 2 hari, tapi juga kadang bisa satu minggu bahkan ada yang pernah bercerita hingga satu bulan. Dan yang lebih mengejutkan pengalaman saya adalah Google Adsense hanya membutuhkan waktu kurang dari 12 jam untuk memberikan keputusan website atau blog saya, tapi itu untuk menggunakan menu add site. Maksudnya add site disini, saya telah mempunyai akun adsense yang aktif dengan website atau blog lain sebagai website utama di akun Adsense.

Kesimpulan:

Bagaimana, apakah Anda masih ragu dan merasa kesulitan mendaftarkan website atau blog Anda ke Google Adsense setelah membaca Alasan kenapa memilih Google Adsense dan keuntungan yang ditawarkan ketika menjadi mitra publisher Gogogle Adsense serta mengetahui sedikit rahasia agar website atau Blog Anda diterima. Saya mempunyai saran pada Anda, selama masa peninjauan, rajinlah mengupdate artikel sehingga memperbesar peluang Anda untuk diterima. Semoga bermanfaat informasi ini. Terima kasih.

dedi
dedi Seorang blogger pemula yang mencoba membagikan apa yang dia temukan.Tak perlu pintar dan terkenal untuk berbagi, yang penting keikhlasan dari dalam hati.

Post a Comment for "Google Adsense : Cara Daftar, Keuntungan, dan Cara Mudah Diterima (Lengkap!)"

Berlangganan via Email