Cara Daftar Google Adsense Yang Benar dan Mudah Diterima

Table of Contents
Cara Daftar Google Adsense Yang Benar Agar Blog Mudah Diterima
Daftar Google Adsense Yang Benar dan Tepat
cara daftar google adsense baik dan benar


Salam sobat omahinfo,
Pada artikel akan saya bagikan cara daftar google adsense agar blog Anda mudah diterima, bagi Anda pemilik blog yang sering ditolak, simak dan pahami artikel ini. Google memberikan kesempatan bekerjasama kepada para pemilik website atau blog, supaya mendaftarkan blognya ke program Adsense untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah. Tidak semua blog yang diajukan ke google Adsense diterima. Terdapat beberapa kriteria yang arus dipenuhi dan hal itu telah dijelaskan oleh pihak google untuk para blogger yang ingin berkerjasama.

Google Adsense sendiri merupakan program yang paling banyak di gemari dan menjadi dambaan di Indonesia. Sejak tahun 2012, secara resmi Google Adsense mendukung website berbahasa Indonesia, kesempatan itu pun tidak dibiarkan begitu saja para blogger di Indonesia. Hal itu menarik perhatian para blogger untuk mendaftarkan blog mereka ke Adsense.
Google Adsense dinilai lebih memberikan keuntungan, jika Anda mendaftar Adsense dan diterima ketimbang mitra lainnya.

Beberapa blogger yang gagal menjadi mitra adsense dikarenakan website atau blog mereka kurang memenuhi kriteria yang diinginkan oleh pihak Google. Hal ini dikarenakan google menginginkan website atau blog yang berkualitas dan memenuhi aturan yang ditetapkan. Sebelum Anda mengetahui rahasia daftar adsense agar blog Anda mudah diterima dan mendulang kesuksesan di dunia blogger, lebih baik Anda pelajari terlebih dahulu pengertian Google Adsense.

Pengertian Google Adsense

Google Adsense adalah program pengiklanan dari google yang menawarkan setiap calon publisher untuk mendapatkan uang dengan syarat website, blog atau channel mereka memenuhi kriteria dari google. Menurut wikipedia, AdSense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google.

Blog dan channel youtube yang sudah diterima dalam program kemitraan adsense akan menampilkan iklan berupa teks, gambar, video dan iklan interaktif lainnya. Setelah didaftarkan ke program kemitraan adsense dan memberikan hasil bahwa kemitraan Anda diterima, terdapat 2 istilah penting terkait bagaimana cara menghitung pendapatan adsense yaitu
  1. CPM (per seribu), setiap perseribu pengunjung yang berkunjung ke website atau blog anda, Anda akan mendapatkan nominal tertentu.
  2. CPC (per klik), setiap kali pengunjung mengklik iklan di website Anda, Anda akan mendapatkan pundi-pundi uang yang nominalnya cukup besar.
Selain Adsense, ternyata banyak sekali mitra pengiklan lainnnya. Tapi kebanyakan para bloger ataupun youtuber masih lebih memilih Google Adsense dari pada mitra lainnya. Apa yang menjadi dasar para blooger dan youtuber lebih memilih adsense dari pada yang lain, simak penjelasan dibawah ini.
 

Alasan Lebih Memilih Google Adsense

Salah satu alasan mendasar para blogger dan youtuber lebih memilih untuk mendaftar adsense dan menjadi salah satu mitranya yaitu karena adsense adalah salah satu penyedia iklan terbaik untuk berbagai media online termasuk blog, android maupun youtube. Hampir kebanyakan para pemilik website atau blog melakukan monetisasi dengan menggunakan program kemitraan dari Google Adsense karena ada beberapa alasan yang mungkin mendasarinya, diantaranya:

1. Mudah digunakan

Hal ini dikarenakan jika Anda diterima menjadi salah satu publisher Google Adsense, Anda tinggal mengkopi kode iklan yang telah disediakan untuk di tempatkan di website atau blog Anda.

2. Dikenal oleh Google 

Adsense sendiri adalah produk keluaran google, jadi jika anda website atau blog diterima, maka blog anda memenuhi standar Google.

3. Dengan satu akun bisa digunakan untuk beberapa Website,

Jika Anda telah memiliki satu akun adsense yang diterima, Anda bisa memasangkan iklan ke beberapa website yang telah memenuhi syarat Adsense dan tidak perlu membutuhkan akun adsense yang berbeda-beda untuk blok yang berbeda

4. Forum support,

Adsense sendiri menfasilisati para publishernya dengan forum penunjang khusus yang menyajikan turial dan panduan penggunaan google Adsense.

5. Pembayaran 

Anda tidak perlu khawatir, karena google Adsense sangat transparan terkait hal ini. Hal ini bisa dijamin, tidak mungkin Google Adsense yang merupakan salah satu produks dari Google akan melakukan penipuan atau kecurangan, Jika hal itu dilakukan, maka akan merusak nama Google di masyarakat dunia.

Selain itu, juga Anda akan memiliki banyak keuntungan jika menjadi salah satu mitra adsense. Apa saja keuntungan yang akan Anda dapatkan ketika anda daftar adsense dan menjadi mitranya, mari kita simak penjelasan dibawah ini.

Keuntungan Menjadi Mitra Google Adsense

Sebelum Anda mendaftar adsense dan fiterima menjadi salah satu mitra Google Adsense, akan lebih baik jika Anda mengetahui beberaper keuntungan menjadi mitra adsense: 
  1. Penghasilan Tambahan, Hal ini bisa dikatakan betul sekali, karena keuntungan utama menggunakan Google Adsense adalah uang yang akan kita dapatkan. Jika Website Anda diterima dan Anda telah memasang kode iklan, maka pundi-pundi uang akan datang ke kantong Anda menjadikan penghasilan tambahan bagi Anda. Tapi besar kecilnya penghasilan akan tergantung dari tingkat popularitas websute Anda dan besar nilai iklan yang ditawarkan oleh pengiklan.
  2. Iklan yang Tayang sesuai dengan Konten Anda, Konten menjadi bagian yang paling penting atau sering dikatakan koten adalah raja, karena konten Andalah yang akan menarik perhatian pengunjung tapi tetap memperhatikan penyajian yang enak dibaca. Iklan yang nantinya muncul akan disesuaikan denan isi konten website atau blog Anda, sehingga iklan tidak begitu mengganggu.
  3. Bentuk Iklan yang dapat disesuaikan, Bentuk iklan yang akan kalian tampilkan di website atau blog kalian dapat dengan mudah diatur ukuran, bentuk dan latar belakang iklan. Selain itu juga Google menyediakan iklan responsif yang akan menyesuaikan yang memdudahkan kalian dalam pemasangan, tidak perlu edit sana-sini, tinggal mengantur di setinggan di situs Akun Google Adsense Anda.
  4. Banyak Referensi di Google, Jika kalian mengalami beberapa permasalahan mengenai pemasangan iklan google Adsense dan lain sebagainya, Anda tinggal dengan mudah mencarinya di dengan menggunakan google search karena banyak sekali referensi yang anda akan dapatkan.
  5. Statistik Lengkap, Pada Dasboard Google Adsense menampilkan statistik dan analisi lengkap kepada para publisher. Kalian akan mendapatkan banyak sekali fitur seperti jumlah klik, penghasilan perseribu dan perklik, bounce rate, penghasilan, dan masih banyak lainnya. Selain tiu Google Adsense juga menyediakan fitur untuk memblokir iklan yang kalian tidak sukai. 

Sampai sini, apakah para sobat omahinfo tertarik untuk daftar adsense dan menjadi mitranya. Jika Anda tertarik maka Anda harus memperhatikan beberapa hal penting yang harus dipersiapkan untuk mendaftar google Adsense.

10 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Daftar Google Adsense

Sebelum Anda mendaftarkan Website atau blog Anda, Anda harus mengetahui bahwa tidak semua website atau blog akan di terima oleh Goole Adsense. Hal ini terjadi dikarenakan dan kemungkinan besar bahwa website atau blog Anda kurang memenuhi TOS(Term of Service) dari google sendiri. Oleh karena itu ada 10 hal yang harus Anda perhatikan, sehingga memudahkan langkah Anda untuk diterima kemitraan google Adsense, diantaranya : 

1. Pastikan Umur Anda Lebih dari 18 Tahun 

Google Adsense hanya menerima publisher barunya yang memiliki umur lebih dari 18 Tahun. Jika umur Anda belum mencukupi Anda bisa menggunakan nama salah satu dari keluarga Anda yang umurnya memenuhi syarat. Hal ini akan berhubungan dengan akun dan pengiriman kode pin google Adsense Anda serta terkait pembayaran Anda.

2. Pastikan hanya memiliki 1 Akun Google Adsense

Google Adsense hanya memperbolehkan setiap publisher memiliki satu akun Google Adsense saja. Dengan satu akun Anda bisa menggunakan untuk beberapa Website atau blog yang ingin Anda pasangi iklan, asalkan website atau blog tersebut memenuhi TOS(Term of Service) dari google.

3. Terindeks di Google

Pastikel Website atau blog beserta seluruh konten terindeks di google. Anda bisa memanfaatkan google search console untuk mengecek sudah terindeks atau belum. Jika belum Anda tinggal menduplikat link artikel kemudian Anda tempel di menu Inspeksi URL untuk mempercepat pengindekskan di google.

4. Umur Website atau Blog

Untuk perihal umur website hal ini harus diperhatikan, karena jika Anda sudah membuat website atau blog sudah lama kemudian membeli domain baru maka website atau blog kalian akan dihitung sebagai website atau blog baru. Bila blog Anda saatini sudah berumur 6 bulan adalah umur ideal untuk menyakinkan pihak Google Adsense bahwa blog Anda telah siap untuk dipasang iklan.

5. Jumlah dan Isi Konten

Jumlah konten pada website atau blog harus Anda perhatikan, usahakan kontennya banyak dan bermanfaat sehingga Goole akan melihat Website atau blog Abda potensial untuk dipasang iklan Adsense. Selain jumlah Konten yang Anda juga harus memperhatikan konten yang tidak disukai oleh Adsense :
  • Pornografi
  • Konten Bajakan
  • Tutorial Hacking
  • Obat-obatan Terlaran
  • Kekerasan
  • dan Hal ilegal lainnya.

6. Memiliki Pengunjung

Setelah memastikan konten, Website atau blog Anda haruslah mempunyai pengunjung unik yaitu berasal dari google rutin setiap harinya. Banyaknya jumlah pengunjung pada website atau blog anda akan berkaitan dengan semakin besar atau kecil pendapatan.

7. Navigasi Website atau Blog

Sebuah Website yaang mengabaikan navigasinya kemungkinan besar akan di tolak Adsense. Saya sarankan untuk menggunakan template premium karena selain desainnya bagus, sistem navigasinya tidak membingungkan dan lemot, sehingga kenyamanan user atau pengunjung atau pembaca tetap terjaga dan nilai Bounce ratenya akan tidak terlalu tinggi. Seperti apa template premium yang bagus dan mobile friendly, jika anda ingin tahu dan berminat silahkan klik link "Template Premium".

8. Konten Yang Unik

Google akan menerima konten yang mengutamakan originalitas, unik, menarik dan fresh. Sebagus apapun tampilan website yang anda sajikan, jika konten Anda itu tidak menarik, maka sulit mendatangkan trafik. Jika seorang user atau pengunjung atau pembaca sudah nyaman dengan website Anda, maka mereka akan menyarankan Website atau Blog Anda kepada orang lain. Jika Anda perhatikan dengan seksama, konten-konten yang banyak beredar di Intenet mempunyai topik yang sama hanya saja cara penyajian dan gaya penulisan mereka yang berbeda.

9. Buatlah Halaman Informasi Pendukung

Halaman informasi pendukung yang dimaksud adalah Halaman About, Contact, Privacy Policy, Diclamer, dan Sitemaps. Jika Anda tidak membuat halaman ini, bisa saya pastikan Website Anda Akan ditolak, karena halaman ini sudah termuat dalam kebijakan Google Adsense.

10. Update Rutin Selama Masa peninjauan

Lakuakan update artikel atau konten rutin selama masa peninjauan. Hal ini terbukti ampuh dan memudahkan jalan kita agar diterima Adsense, sekaligus membuktikan bahwa website atau blog Anda layak untuk berkerjasama dengan program kemitraan Google Adsense.

Jika beberapa hal diatas sudah Anda Lakukan, maka sekarang anda bisa memperlajari teknik rahasia cara daftar google adsense agar blog mudah diterima.

Cara Daftar Google Adsense Yang Benar

Google Adsense bisa dikatakan pohon website atau blog Anda, yang nantinya akan menghasilkan buah berupa pundi-pundi uang yang akan bisa kita nikmati. Cara daftar google Adsense bukanlah sebuah hal yang sulit, Anda hanya memerlukan email (gmail) dan website tau blog yang sudah aktif. Berikut tahapan-tahapan cara daftar google Adsense yang benar agar blog mudah diterima yaitu:


cara daftar adsense tahap pertama
halaman utama adsense, source: omahinfo.com

  • Setelah itu akan muncul halaman pendaftaran. Masukkan alamat Website atau blog Anda pada bagian "Situs Anda". Kemudian masukkan alamat email Anda pada bagian "Alamat Email Anda", saya sarankan menggunakan email yang baru, biar nanti gak pusing bercampur dengan email-email lain, Tapi jika ingin memakai email yang sama dengan email blog juga tidak menjadi masalah.
cara daftar adsense tahap kedua
cara daftar google adsense, source: omahinfo.com

  • Setelah itu pada bagian "Info Adsense", Sebaiknya Anda memilih "Ya" agar pihak google dapat membantu memaksimalkan AdSense anda. 
  • Klik Simpan dan lanjutkan.
  • Setelah Anda Klik Menu Simpan dan Lanjutkan, Anda akan diarahkan ke halaman selanjutnya dengan profil yang muncul diatas adalah email yang tadi Anda masukan ke bagian "Alamat Email Anda".
  • Pilih negara atau wilayah tempat tinggal Anda.
cara daftar adsense tahap ketiga
cara daftar google adsense-omahinfo

  • Pada Bagian "Tinjau dan setujui Persyaratan dan Ketentuan Kami", bacalah secara menyeluruh yang menjadi Persyaratan dan Ketentuan AdSense agar Anda mengetahuinya. Jika sudah yakin dan paham, silahkan centang "Ya, Saya telah membaca...".
  • Kemudian Klik Buat akun Adsense.
cara daftar adsense tahap keempat
setengah perjalan daftar google adsense, source: omahinfo.com

  • Jika Anda berhasil, Anda akan masuk pada dashboard Adsense. Kemudian Anda diminta untuk melengkapi ‘Payment address detail’. Isilah data sesuai dengan Alamat yang tertera di KTP Anda. Tulis Selengkapnya untuk mempermudahkan dalam pengiriman Pin Adsense, Jika penghasilan Anda telah melebihi 10$.
cara daftar adsense tahap kelima
isi data sesuai KTP Anda, Source: omahinfo.com

  • Setelah proses itu selesai, Anda diminta memasangkan kode Adsense yang telah disediakan ke website atau blog yang Anda daftarkan. Lokasi script kode Iklan bisanya ditaruh diantara "<head>" dan "</head>. Biasanya ditaruh persih di bawah kode <head>.
cara daftar adsense tahap ketujuh
kode google adsense Anda sudah siap

  • Jika Anda Sudah menempelkan script kode kembali ke dashboard Adsense, centang tulisan " Saya telah menempatkan kode di website saya. Kemudian Klik Selesai. Adsense Akan secaraotomatis mengecek apakah Kodenya benar-benar telajh dipasang apa belum.
  • Jika Sudah terpasang, maka proses pendaftaran google Adsense berakhir sampai disini. Jangan lupa untuk selalu mengecek email yang masuk siapa tahu Website atau blog Anda telah diterima dalam program kemitraan Adsense.
Selain daftar adsense via website atau desktop, Anda juga bisa menggunakan ponsel atau smartphone Anda untuk daftar adsense. Untuk tutotial daftar adsense via android, penjelasannya dibawah ini.

Cara Daftar Google Adsense via Ponsel

Cara Daftar Adsense via Smartphone
cara daftar google adsense via ponsel

Sebenarnya tata cara pendaftaran Google Adsense tidak ada bedanya baik via desktop maupun via Ponsel atau Smartphone. Mungkin yang menjadi pembeda adalah ketika ukurannya yang semakin diminimalisir ketika berada di Smarphone. Saya sarankan lebih enak dan nyaman mendaftar menggunakan desktop baik itu laptop maupun komputer pribadi, dengan tampilan yang luas membuat Anda akan nyaman dan memahami setiap detil prosesnya.

Waktu Review Google Adsense

Waktu yang dibutuhkan adsense review atau meninjau website atau blog Anda yaitu sekitar 1 sampai 2 hari, tapi juga kadang bisa satu minggu bahkan ada yang pernah bercerita hingga satu bulan. Dan yang lebih mengejutkan pengalaman saya adalah Google Adsense hanya membutuhkan waktu kurang dari 12 jam untuk memberikan keputusan website atau blog saya, tapi itu untuk menggunakan menu add site. Maksudnya add site disini, saya telah mempunyai akun adsense yang aktif dengan website atau blog lain sebagai website utama di akun Adsense.

Kesimpulan:

Bagaimana, apakah Anda masih ragu dan merasa kesulitan mendaftarkan website atau blog Anda ke Google Adsense setelah membaca Alasan kenapa memilih Google Adsense dan keuntungan yang ditawarkan ketika menjadi mitra publisher Gogogle Adsense serta mengetahui sedikit rahasia agar website atau Blog Anda diterima. Saya mempunyai saran pada Anda, selama masa peninjauan, rajinlah mengupdate artikel sehingga memperbesar peluang Anda untuk diterima. Semoga bermanfaat informasi ini. Terima kasih.

dedi_i
dedi_i Tak perlu pintar dan terkenal untuk berbagi, yang penting keikhlasan dari dalam hati.

Post a Comment