Blog : Pengertian, Manfaat, Tips dan Cara Membuat

Blog :  Pengertian, Manfaat, Tips dan Cara Membuat
source : pixabay

Salam sobat omahinfo,
Banyak orang yang mengatakan jika nge-blog itu sudah dan mahal untuk dikerjakan. Banyak sekali media yang bisa Anda gunakan untuk mengekpresikan diri termasuk salah satu nya adalah nge-blog. Blog bisa dikatakan menjadi wadah yang tepat bagi Anda untuk mengekspreikan ide-ide kreatif Anda sehingga karya yang Anda bikin bisa dinikmati oleh orang lain dan jika beruntung, Anda juga bisa mendapatkan uang dengan bermain blog yaitu dengan bergabung dengan program Adsense. Membuat blog bukanlah hal yang sulit untuk Anda yang masih pemula, yang terpenting Anda harus  memahami pengertian blog, manfaat yang akan kita dapatkan, memperhatikan niche blog dan tatacara penulisan blog yang SEO friendly.

Membuat blog bukanlah hal yang terlalu sulit, gratis dan tentunya tidak perlu merogoh kocek yang terlalu dalam, jika Anda ingin membeli domain. Ada begitu banyak situs penyedia layanan untuk membuat blog gratis yang bisa Anda gunakana seprti Blogger, Wordpress dan masih banyak lainnya. Yang menjadi kendala utama para pemula adalah kurangnya pengerahuan untuk membuat sebuah blog, berikut ini omahinfo akan merangkum panduan membuat blog.

Blog 

Sebelum kita melangkah jauh tentang cara membuat blog, alangkah lebih baik kita mengetahui apa pengertian dari blog. Menurut KBBI, Blog bisa diartikan sebagai sebuah catatan harian atau bisa dikatakan sebagai jurnal pribadi oleh seseorang yang berada di Internet yang bisa diakses oleh siapapun tanpa ada batasan siapa orangnya dan asal negara. Umumnya blog berisi tentang konten atau artikel yang di tulis oleh pemilik blog ataupun orang yang dipercaya untuk menulis (admin) dengan niche (topik pembahasan) tertentu. Niche blog itu bisa berupa pengalaman pribadi, tips atau DIY, finansial, gaya hidup, parenting, olahraga, menu resep makanan, kesehatan, teknologi, bisnis ekonomi dan masih banyak lainnya. Ketika membuat blog anda harus memilih niche tepat yang sesuai dengan diri Anda.

Manfaat Mempunyai Blog

Mempunyai Blog sendiri tentunya menambah nilai keunggulan pada diri Anda, bukannya menurunkan nilai keunggulan diri Anda. Selain bisa menjadi sumber penghasilan sampingan maupun utama, blog juga mempunyai banyak manfaat diantaranya:

1. Sebagai Media untuk Melatih Kemampuan Menulis

Membuat sebuah blog menjadi media yang tepat untuk Anda melatih dan mengembangkan kemampuan menulis Anda. Apa yang Anda tulis di blog memang harus disesuaikan dengan niche yang Anda pilih sebelumnya secara rutin. sEmakin sering Anda menulis dan menganalisa tulisan Anda, akan semakin bagus pula tulisan artikel Anda. 

Ketika Tulisan anda mengundang keinginan orang untuk membaca, maka akan secara otomatis banyak pembaca yang akan mengapresiasi tulisan Anda dengan memberikan komentar di kolom komentar. Dari sana Anda bisa mengukur seberapa baik dan menarik tulisan artikel Anda.

2. Sebagai Media penyedia Portofolio gratis di Internet

Jika tulisan artikel blog yang Anda buat bisa muncul di google bahkan bisa menjadi top 3 halaman pertama google bisa menjadi salah satu portofolio Anda dalam melamar sebuah pekerjaan. Hal menjadi nilai tambah, karena sekarang ini para perusahaan juga akan menyelidiki calon pelamar lewat mesin pencari, jika mereka menemukan nama Anda dan blog Anda, otomatis portofolio yang Anda kirimkan menjadi nilai tambah tersendiri, karena dari situ pihak perusahaan akan belajar mengenai kemampuan dan kepribadian Anda. Hal ini akan membantu Anda untuk memberikan peluang cukup besar lolos dari proses rekuitmen.

3. Sebagai Media Penghasilan Tambahan

Tidak hanya youtube yang bisa menghasilkan uang tambahan, tapi dengan membuat blogpun Anda juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Selain dari Google Adsense, Anda juga bisa menerima penghasilan dengan review produk ataupun ikut berbagai lomba nge-blog.

4. Sebagai Media Berbagi Pengetahuan

Tidak mudah untuk membagikan pengetahuan yang Anda miliki, hal ini terkait dengan seberapa orang sekitar Anda tertarik dengan pengetahuan dan keahlian Anda. Dengan membuat blog, pengetahuan dan keahlian Anda akan lebih kepada orang yang tepat sasaran, artinya mereka yang tertarik dengan pengetahuan dan keahlian yang Anda bagikan. yang menjadi poin penting adalah buatlah blog dengan niche yang sesuai dengan Anda.

5. Sebagai Media untuk Membangun Jaringan

Membangun Jaringan disini maksudnya membangun pertemanan yang luas, dengan begitu jaringan Anda akan begitu mudah mengatasi kesulitan Anda dan berbagi pengetahuan. Ketika Anda membuat sebuah konten yang menarik dan bermanfaat, parapembaca kemungkinan besar akan memeberikan komentar mengenai konten artikel Anda. Secara ototmatis Anda akan mendapatkan list alamat e-mail meraka, selanjutnya Anda dapat memanfaatkan untuk promosi produk atau jasa Anda.

6. Sebagai Media untuk Menjual Produk

Jika Anda memiliki sebuah produk yang sebelumnya di jual melalui toko atau offline, Anda bisa memanfaatkan blog ANda untuk memasarkan produks sehingga meningkatkan jumlah pelanggan Anda. Hal ini sekaligus menyelesaikan permasalahan umum para pedagang sepeti lokasi yang kurang strategis.

7. Sebagai Media Membangun Kepercayaan

Anda mungkin akan mempertimbangkan bekerjasama dengan orang yang belum Anda ketahui latar belakang dan kemampuan yang dia miliki serta tidak mudah untuk meraih kepercayaan dalam waktu yang cukup singkat, karena kepercayaan tidak bisa di beli ataupun dijual. 

Namun dengan membuat blog, Anda dapat meningkatkan kepercayaan para user yang menjadi pembaca setia Anda dalam waktu yang relatif tidak terlalu lama. Anda mungkin bisa dengan menulisakan susuatu yang bermanfaat sesuai niche blog Anda, sehingga Anda mampu menggambarkan sosok diri Anda sebagai yang bisa diandalkan dan berwawasan luas.

8. Sebagai Media untuk Belajar

MEmbuat Blog juga bisa dimanfaatkan untuk media Anda belajar. Hal ini dimulai dari membuat tulisan yang menarik untuk dibaca, mendesain tampilan blog, belajar SEO, belajar menganalisis konten dan masih banyak lainnya. Ketika Anda mempunyai sebuah blog, Anda berarti belajar keluar dari Zona nyaman Anda untuk mempelajari semua yang baru dari awal.

9. Sebagai Media untuk Menyalurkan Hobi atau Minat

Kita bisa menyalurkan hobi atau minat Anda melalui blog, sejatinya sendiri, blog dengan niche yang tepat adalah blog dengan niche yang Anda minati. Hal ini akan mempermudah Anda dalam membuat sebuah tulisan artikel dan mengetahui apa yang kemungkinan pembaca cari. Jika Anda rutin menulis konten yang Anda minati, sebenarnya Anda telah membangun sebuah karya yang tidak semua orang bisa melakukannya, sekaligus bermanfaat bagi orang banyak.

10. Sebagai Media memperlajari SEO dan Hal yang baru lainnya

Mempelajari SEO bagi Anda yang baru belajar membuat blog adalah sesuatu yang baru dan penting. Tapi untuk mendapatkan hasill yang maksimal, kalian harus mempelajari SEO itu sendiri seperti on-page dan off page SEO, Artikel SEO Friendly dan masih banyak lainnya.

Selain SEO Anda juga akan mempelajari ketika membuat dan memiliki sebuah blog, Anda akan mempelajari desain gambar, beberapa bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, Javascript, dll, bagaimana tips sharing di sosial media dan masih banyak lainnya. 

11. Sebagai Media Mengekpresikan Curhatan Hati

Mungkin terdengar agak aneh, tapi Anda pasti akan menemukan sebuah blog yang isinya adalah curahan hati baik itu tentang cinta, kegiatan Anda selama sehari hari dan masih bnayak lainnya. Blog tipe seperti ini mempunyai pangsa tersendiri, selain kreatif, hemat biaya dan tidak perlu membuang banyak kertas untuk menyalurkan curhatan hati Anda.

Cara Membuat Blog

Ada berbagai platform yang menyediakan membuat blog gratis, ada dua platform yang paling terkenal yaitu Blogger dan Wordpress. Berikut beberapa langkah yang harus Anda lakuakan ketika membuat blog :

Cara membuat blog di blogger.com

Blogger adalah salah satu platform yang dimiliki oleh google. Jadi minimal Anda harus mempunyai akun gmail, jika belum Anda harus membuet akun gmail terlebih dulu. Jika Anda sudah mempunyai akun google, berikut langkah-langkah membuat blog melalui blogger.com :

1. Buka situs blogger.com

Buka https://www.blogger.com hingga muncul tampilan seperti gambar dibawah ini. Kemudian klik Create Your Blog.
Cara membuat blog dengan blogger.com
source : screnshot from my another account gmail & blog


2. Log in Akun Gmail Anda

Anda akan diminta memasukkan alamat email Anda yang nantinya akan digunakan untuk membuat blog.
source : screnshot from my another account gmail & blog

3. Lengkapi Informasi Blog Anda

Anda diminta mengisi kolom 'Judul' diperuntukan untuk Judul Blog Anda, kolom 'Alamat' diperuntukan alamat blog dengan domain blogspot.com. Jika ada tombol centang berarti alamat domain Anda tersedia, jika bukan centang berarti sudah ada yang menggunakan nama domain tersebut. Sedangkan kolom 'Tema' untuk memilih tema blog. Kemudian klik Buat blog.
source : screnshot from my another account gmail & blog
source : screnshot from my another account gmail & blog

4. Beli Domain Atau Lain Kali

Jika Anda hanya ingin tidak ingin membeli domain, Anda tinggal klik 'lain kali'. Tapi jika berkenan membeli domain Anda juga bisa memanfaatkan ini ataupun nanti membeli di situs yang menyediakan domain.
source : screnshot from my another account gmail & blog

5. Dasboard Blogger.com

Jika Anda dibawa ke tampilan 'dasboard blogger.com' seperti gambar dibawah ini, selamat blog Anda sudah jadi. 
source : screnshot from my another account gmail & blog

6. Dasboard Menulis

Jika Anda ingin menulis sebuah Artikel, Anda tingga klik 'Entri Baru' lalu Anda tinggal menuliskan 'isi' dan menentukan 'judul' lalu bisa mempublish artikel dengan menekan menu 'Publikasikan'.
source : screnshot from my another account gmail & blog

Cara membuat blog di WordPress

Selain Blogger ada juga situs penyedia laiinya yang tidak kalah saing yang bernama WordPress. berikut langkah-langkah membuat blog melalui WordPress :

1. Buka situs WordPress

Buka https://id.wordpress.com/ hingga muncul tampilan seperti gambar dibawah ini. Kemudian klik 'Buat Situs Web Anda'. 
Cara membuat blog dengan WordPress
source : screnshot from my another account gmail & blog


2. Membuat Akun WordPress

Isilah kolom 'Alamat Email Anda' dengan Akun email yang akan Anda gunakan, isi kolom 'Pilih nama pengguna' dengan nama yang ingin Anda gunakan sebagai Akun WordPress, dan Ketikan sandi Anda dalam kolom 'Pilih Kata Sandi'. Kemudian Klik 'Buat akun Anda'. Jika Anda sudah mempunyai Akun Google, Anda tinggal klik 'Lanjukan Google'.
source : screnshot from my another account gmail & blog

3. Cari Domain Anda

Ketik nama situs atau blog yang akan dibuat di kolom yang telah disediakan. Kemudian akan muncul beberapa pilihan domain yang tersedia baik yang berbayar atau tidak. Jika Anda ingin yang gratis silahkan klik pilihan gratis yang biasa berada di paling atas. Klik 'Pilih'.
source : screnshot from my another account gmail & blog
source : screnshot from my another account gmail & blog

4. Memilih Paket Berlangganan

Anda Akan diminta memilih paket berlangganan yang disediakan oleh WordPress dan tertunya berbayar. Karena kita ingin mencoba yang gratis jadi klik 'Belum Yakin? Mulai dengan situs kosong'

source : screnshot from my another account gmail & blog

5. Situs atau Blog Sedang di Persiapkan

Dalam Tahap ini WordPress sedang menyiapkan situs atau Blog Anda bersadarkan data-data yang sebelumnya Anda masukkan.
source : screnshot from my another account gmail & blog

6. Situs Atau Blog telah berhasil Anda buat

Jika Situs atau Blog Anda telah berhasil dibuat, maka akan menampilkan dashboard WordPress seperti gambar dibawah ini.
source : screnshot from my another account gmail & blog

Blog SEO Friendly

Setelah membuat blog dan artikel pekerjaan Anda yang sesungguhnya barulah dimulai. Ketatnya persaingan di dunia internet membuat Anda mau tak mau harus mempelajari SEO untuk bersaing didalamnya. MEmbuat blog yang SEO Friendly bukanlah hal yang mudah, bahkan membuat seorang pemula akan merasakan kebingungan. Ada dua hal yang harus Anda pelajari SEbelum dan seduha membuat blog, sehingga blog Anda nantinya SEO Friendly, diantaranya :

1. Pemilihan Niche

Pemilihan niche atau topik pembahasan blog Anda merupakan sebuah pondasi yang penting. Dengan adanya niche atau topik pembahasan yang tepat, maka Anda akan mudah mengembangkan blog kedepanya mengenai artikel seperti apa yang akan Anda tulis dan tujuan yan ingin anda capai. Ada begitu banyak niche blog bisa berupa pengalaman pribadi, tips atau DIY, finansial, gaya hidup, parenting, olahraga, menu resep makanan, kesehatan, teknologi, bisnis ekonomi dan masih banyak lainnya. Sekarang tergantung keputusan Anda menentukan Niche yang tepat

2. Pengembangan

Pengembahan disini adalah mengenai hal apa yang harus Anda lakukan agar blog Anda bisa SEO Friendly. Membangun sebuah blog bisa diibaratkan seperti membangun sebuah rumah, mulai dari menggambar, membuat perencanaan, sehingga ketika kita membangun rumah itu, kita sudah tahu apa yang harus kita kerjakan. Ada beberapa yang harus Anda perhatikan yaitu :


  1. Riset Keyword, jika kalian membangun blog menyesuaikan hobi, akan begitu mudah untuk Anda mencari kata kunci yang akan dicari oleh orang dengan hobi yang sama dnegan Anda.
  2. Keyword Mappping, Hal ini Anda harus lakukan yang benar, jika tidak akan menghasilkan bounce rate tinggi dan membuat rangking merosot.
  3. UI dan UX, Anda juga harus mempelajari hal ini karena User Interface (UI) memiliki faktor penting dalam meningkatkan trafik website Anda. Jika seseorang mempunyai User Experience (UX) yang baik di blog Anda, secara tidak langsung mereka pasti akan mempromosikan blog Anda.
  4. Artikel, Jangan sembaran asal menulis, layak atau tidak untuk dipublikasikan.
  5. Link building, buatlah perencanaan yang matang, jangan senang ketika bisa berada di halaman pertama google dalam waktu sebentar. Bangunlah link-link building yang berkualitas.
  6. Manfaatkan Google Analytics dan Google Search Console, Google Analytics dan Google Search Console akan sangat membantu dimana Google Analytics akan membantu Anda memahami perilaku pembaca Anda, sedangkan Google Search Console untuk memonitor artikel blog Anda di pencarian oraganik google.

Kesimpulan :

Bagaimana sobat omahinfo penjelasan diatas mengenai apa itu pengertian blog, manfaat dari membuat blog, Cara membuat blog dan hingga membuat Blog Anda SEO Friendly untuk google. Tidak susah kan, jika Anda merasa kurang mengerti silahkan tulis dikolom komentar, dan jika Anda mempunyai pendapat lain juga saya membuka diskusi di kolom komentar dibawah artikel ini, Terima kasih.
dedi
dedi Saya adalah seorang pemuda yang ingin menjadi seorang yang cerdas

Post a Comment for "Blog : Pengertian, Manfaat, Tips dan Cara Membuat"