Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Zoom vs Google Meet vs Facebook's Messenger Rooms

Perbandingan antara Zoom, Google Meet, dan Facebook's Messenger Rooms
source : omahinfo

Salam sobat omahinfo,
Memang benar, Anda sekarang sedang melakukan sosial distancing. tapi itu tak menghalangi Anda untuk menghalangi Anda untuk bersosialisasi. Beberapa bulan terakhir akibat pandemi covid-19, aplikasi video call begitu sangat populer dikalangan masayarakat dunia tak terkecuali di Indoensia. Selain untuk pekerjaan, aplikasi-aqplikasi ini bisa digunakan untuk ngobrol dengan teman,pacar, tetangga dan keluarga. Hal ini bisa dikatakan merupakan sebuah cara baru dalam bersosialisasi. Kali ini kita akan membandingkan tiga aplikasi video percapakan yang populer yaitu Zoom, Google Meet,dan Facebook's Messenger Rooms.

Ada begitu banyak aplikasi video call yang ditawarkan dengan kekurangan dan kelebihannya seperti waktu yang terbatas, uang yang harus dikeluarkan, dan beberapa masalah lainnya. Mungkin ulasan ini akan memberikan jawaban terhadap kebingungan Anda untuk menentukan aplikasi video call yang tepat diantara Zoom, Google Meet,dan Facebook's Messenger Rooms.

Zoom

Aplikasi video percapakan ini sebenarnya sudah ada sebelum bulan Maret 2020, tapi ketika penerapan PSBB yang terjadi di Jakarta dan beberapa daerah yang menjadi pandemi covid-19, jumlah pengguna aplikasi ini menjadi membengkak. Zoom menjadi pilihan yang sangat efektif bagi mereka yang begitu yang melakukan WFH (Work From Home) untuk mengkoordinasi pekerjaan mereka dan bagi mereka yang merindukan teman-teman mereka, tapi ada beberapa hal masalah besar yang ditemukan yang harus menjadi pertimbangan Anda ketika memakai aplikasi ini.

aplikasi video percakapan zoom
source : omahinfo

Zooom sendiri menawarkan dua pilihan dalam pelayanannya yaitu gratis dan berbayar. Untuk pelayanan yang bersifat gratis, rapat menggunakan aplikasi Zoom dapat menampung 100 pengguna sekaligus dalam sekali rapat dan hanya bisa berlangsung 40 menit. Setelah mencapai batas waktu, Anda bisa memulai rapat baru dengan mengirimkan link ke orang lain atau rekan kerja Anda, tetapi hal itu dirasa cukup kurang nyaman. Hal ini berbeda jika Anda melakukan rapat dengan satu orang saja, Zoom sendiri menawarkan tidak ada batas waktu dalam versi gratis.

Zoom menawarkan Anda sebagai user kemudahan untuk menghilangkan limit waktu itu dengan membayar US$15 tiap bulan untuk paket kelas hemat. Selain paket kelas hemat, ada juga paket-paket lainnya mungkin seperti paket medium dan paket kelas tinggi yang ditawarkan untuk bisnis menengah hingga besar. Ada satu keunikan dari Zoom yang tak berbayar sama sekali adalah mampu memberikan latar belakang konyol di belakang Anda yang bisa anda lihat atau temukan di berbagai media sosial.

Aplikasi Zoom begitu sangat populer karena dilihat dari segi fungsionalnya. Tatap muka pengguna memudahkan orang untuk dikenal dan Anda bisa berbagi layar dengan seluruh panggilan, jika Anda mengijinkan. Mungkin kalian sudah mendengar terkait data Zoom yang bocor, Perusahaan Zoom sudah berusaha untuk mempebaikinya tapi belum bisa mengehentikan data yang bocor ke dark web.

Google Meet

Google sebagai brand yang sudah dikenal terpercaya juga menawarkan video call untuk mendukung kegiatan Anda. Kalian mungkin sudah tahu tentang video call dengan Google Hangouts yang juga gratis, tapi kali ini bukan akan membahas Google Hangouts tapi Google Meet. Google Meet sebenarnya ditujukan untuk para pebisnis dan pengajar. Pada Maret, Google Meet meluncurkan versi gratis untuk menjadi alternatif aplikasi video call selain Zoom hingga 30 September 2020.

Aplikasi video percakapan Google Meet
source : omahinfo

Google Meet pada dasanya adalah rangkaian versi Google Hangouts yang berfokus pada perusahaan. Aplikasi video call Google Meet mampu menampung 100 pengguna, tidak seperti Google Hangouts yang hanya menampung 25 pengguna. Google Meet juga menawarkan berbagi layar, Google Meet juga menambahkan fitur terbaru untuk menyaring kebisingan dari clacking pada keyboard.
Baca Juga : Settingan Resolusi Video Call Google Meet
Dalam versi gratis Google Meet, memiliki batas waktu mencapai 60 menit dalam sekali video call. Untuk paket berbayar mulai dari US$6 per bulan, Google Meet memberikan fungsionalitas rapat penuh hanya untuk bisnis sama seperti aplikasi Zoom. Google menjamin kerahasian data para pengguna Google Mees dalam bentuk kode rapat yang rumit, enkripsi rapat,dan kenyamanan lainnya. Tapi beberapa pengguna melaporkan adanya beberapa 'shady-sounding' pengumpulan data selama video call.

Facebook's Messenger Rooms

Facebook bida dikatakan sebuah perusahaan teknologi dengan catatan privasi yang dipertanyakan oleh publik, tapi hal itu tidak menghentikan mereka untuk berinovasi dalam video call. Facebook's Messenger Rooms adalah aplikasi video call terbaru dari Facebook yang muncul diakhir bulan Maret lalu.

aplikasi video percakapan Facebook's Messenger Rooms
source : omahinfo

Facebook's Messenger Rooms beruhasa memberikan layanan yang benar-benar dipercaya. Seperti aplikasi lainnya di facebook, layananan ini dapat diakses secara gratis dengan mampu menampung 50 pengguna yang diundang dengan membagikan url tanpa batasan siapapun meskipun mereka tidak mempunyai akun facebook. 
Faceboook telah mendaftar masalah privasi untuk Facebook's Messenger Rooms, dan berusaha memberikan yang terbaik. Selain itu masih ada beberapa alasan untuk menggunakan aplikasi video call ini seperti Facebook's Messenger Rooms tidak dilindungi kata sandi atau enkripsi. Mungkin ini bisa dikatakan sepadan dengan kenyamanan dan kesenangan yang ditawarkan tapi tetap saja data Anda tidak bisa dijamin penuh keamanannya.

Kesimpulan :

Bisa dikatakan bahwa aplikasi video call belum ada yang sempurna sampai saat ini. Mungkin aplikasi video call seperti Zoom, Google Meet, and Facebook Messenger Rooms ini layak untuk dicoba untuk berinteraksi sosial saat ini. Tapi jangan terkejut, jika Anda harus membanyar uang untuk menghilangkan batas waktu dan menemukan masaah terkait data Anda. Semoga bermanfaat, salam.
dedi
dedi Seorang blogger pemula yang mencoba membagikan apa yang dia temukan.Tak perlu pintar dan terkenal untuk berbagi, yang penting keikhlasan dari dalam hati.

4 comments for "Zoom vs Google Meet vs Facebook's Messenger Rooms"

  1. Replies
    1. Murah kok lur, modal di domain dan template. Template banyak dibagikan gratis di internet, hanya saja kadang ada yang nitipin buat jadi link ke blog yang nyediain template.

      Delete
  2. aku baru pakai zoom, belum yang lain. iya, ada aja kurangnya, tapi sebagai pengguna yang masih gratisan, terima terima aja, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih gan, semua yang gratis pasti ada kurangnya, tapi kalo menurut saya sih lebih ke penyedia terpercaya gan. Meminimalisir beberapa masalah, karena sudah teruji. Terima kasih telah berkunjung ke blog saya mas.

      Delete

Berlangganan via Email