Panduan Google Classroom Untuk Guru Dan Siswa Lengkap

Table of Contents

Panduan Google Classroom Untuk Guru Dan Siswa Lengkap disertai Fitur dan Biaya

Panduan Google Classroom Untuk Guru Dan Siswa
Panduan Google Classroom Untuk Guru Dan Siswa Lengkap, source: omahinfo.com


Salam sobat omahinfo,
Dimasa pandemi ini banyak orang yang masih terjebak berada didalam rumah, khususnya anak-anak. Pembelajaran yang sebelumnya terjadi disekolah, sekarang ditiadakan dan pembelajaran onlinepun tau yang lebih terkenal denngan pembelajaran daring  menjadi sebuah sistem yang baru diterapkan. Google pun berusaha untuk memberikan sentuhan untuk memperlacar proses belajar bersifat online tersebut. Google menciptakan google classroom untuk membantu guru dan siswa dalam pembelajaran online. Masih kebingungan dengan Google Classrom, berikut ini adalah panduan google classroom untuk guru dan siswa, Fitur, Biaya dan Performa. Sebelum Anda memperlajari panduan, fitur, biaya dan bagaimana performa dari google classroom, alangkah lebih baik kita mengetahui pengertian google classroom.

Pengertian Google Classrom

Google Classrom adalah salah satu penawaran produks google terbaik dan sangat tepat dan saling mendukung dalam infrastruktur aplikasi Google. Google Classrom menjadi pilihan yang bagus bagi pembelajaran jarak jauh, dan Google Classrom harusnya wajib dikuasai baik guru maupun murid.

Dalam Google Classrom, guru mampu membuat sebuah kelas, mengirimkan tugas kepada murid dan mampu memberikan penilaian terhadap tugas yang diberikan secara online. Sedangkan bagi siswa hanya beberapa klik pada Google Classrom, siswa dapat mengambil seluruh kelas, membaca materi dan menonton video, dan menyelesaikan tugas.

Jika Anda merupakan seseorang yang baru akan menggunakan Google classroom, sebaiknya Anda menyimak sedikit panduan berikut :

Panduan Google Classroom untuk Guru

Google Classroom secara spesifik memberikan beberapa kemudahan yang tepat untuk Guru dalam mengelola sebuah kelas online. Sistem manajemen yang bagus membuat Anda sebagai guru atau pendidik akan merasakan kenyaman manajemen mengajar karena telah disediakan berbagai kemudahan hampir sama saat Anda mengajar bertatap muka. Berikut ini kemudahan yang diberikan :

Membuat Kelas di Google Classroom


  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi Google Classroom di smartphone atau kunjungi situs Google Classroom. Aplikasi ini dapat digunakan oleh sekolah, kampus, dan homeschooler dengan catatan memiliki akun Gmail.
  2. Langkah kedua yang harus Anda lakukan adalah Masuk ke akun Google dengan memasukkan alamat Gmail dan password Anda. Setelah itu akan terdapat pilihan sebagai siswa atau guru. Pilih opsi ‘I’m Teacher’ untuk masuk sebagai guru.
  3. Langkah ketiga yang harus Anda lakukan adalah klik tanda "+" di bagian pojok kanan atas, kemudian tekan opsi ‘create class’ .
  4. Berikan nama pada kelas dan tekan ‘create’. Setelah itu, kelas sudah bisa digunakan.
Jika setelah membuat kelas, Anda kebingungan untuk menambahkan siswa Anda ke dalam google classroom, silahkan baca panduan menambahkan siswa dibawah ini.

Menambahkan Siswa




  1. Klik 'people' pada kelas yang sudah Anda buat.
  2. Tambahkan siswa dengan 'class code' atau 'invite student'.
  3. Setelah siswa tergabung, maka akan muncul deretan nama siswa yang ikut kelas Google Classroom Anda.
Setelah menambahkan siswa Anda kedalam kelas google classroom, Anda tinggal menyajikan materi pembelajaran yang hari ini akan dibawah. Jika Anda kebingungan, dibawah ini ada panduan memberi atau menyajikan materi pelajaran.

Memberi Materi




  1. Pilih menu 'classwork' pada kelas.
  2. Klik menu 'create'.
  3. Pilih opsi ‘material’ untuk mengunggah dokumen materi berupa PDF, foto dan video yang akan diunggah melalui Google Drive.
Selain terdapat panduan google classroom untuk guru, Google juga memberikan panduan google classroom untuk siswa. Supaya keduanya mampu memanfaatkan dengan maksimal google classroom untuk pembelajaran online atau daring dimasa pandemi seperti ini.

Panduan Google Classroom untuk Siswa


  1. Buka situs Google Classroom
  2. Pilih 'Buka Classroom'
  3. Masukan akun Gmail Anda
  4. Klik 'Terima'
  5. Pilihlah menu 'Saya Seorang Siswa'
  6. Klik 'Mulai'
  7. Masukkan kode yang sudah diberikan pengajar
  8. Google Classroom sudah bisa digunakan

Paket dan Biaya Google Classroom

Aplikasi Google Classroom ini sepenuhnya gratis untuk sekolah, kampus, dan homeschooler setelah Anda mendaftar ke G-Suite untuk pendidikan. Bahkan bagi Anda yang sudah bekerja di perusahaan atau yang ingin mengajar sebuah subjek tanpa menjadi bagian dari sekolah, Google Classroom memungkinkan Anda untuk memanfaatkannya secara penuh dan gratis dengan menggunakan akun Gmail yang Anda miliki.

Performa

Ada sesuatu yang cukup memuaskan tentang penggunaan Google Classroom. Mungkin ada hubungannya dengan fakta bahwa Google Classroom sepenuhnya gratis, yang menjadi pemikiran Admin sekarang adalah banyaknya alat kelas virtual yang membutuhkan biaya berlangganan selangit.

Dalam sebuah catatan menginformasikan ruang kelas virtual di Blackboard.com untuk distrik sekolah bisa menelan biaya $160.000 per tahun. Bahkan seperti Canvas yang disebut sebagai ruang kelas virtual yang “terjangkau” masih menekankan biaya lisensi untuk menggunakan aplikasi ini, tetapi Google Classroom berbeda.

Pada kesan pertama, tampaknya kurang menyakinkan atau bahkan terbilang begitu sederhana,hampir seperti versi Google Keep. Google Classroom ini menggunakan antarmuka yang mirip dengan aplikasi note itu. Meskipun itu agak menyusahkan diawalnya, tapi dapat meyakinkan Anda bahwa ini adalah produk Google.

Namun, ketika Anda mulai mencari tahu lebih banyak, Anda akan menyadari ini semua hanyalah sebuah desain. Anda mungkin menggunakan Google Classroom karena, sebagai seorang pekerja jarak jauh yang terjebak di rumah selama pandemi covid-19, Anda ingin mendidik anak-anak di rumah atau bahkan menggunakan Google Classroom sebagai alat pelatihan bagi karyawan. Apa pun alasannya, aplikasi memberikan apa yang dijanjikan.


Meskipun Anda mulai dengan lembar kosong, Anda dapat menambahkan tugas, kuis, dan materi (seperti video, dokumen, dan file audio) dengan mudah. Bahkan, dalam uji aplikasi ini dijelaskan bahwa ini dirancang oleh orang-orang yang mengenal audiens mereka. 
Google Classroom sangat mudah rasanya seperti Anda membuat Google Doc atau menulis email. Itu akan menarik bagi mereka yang mengetahui bidang keahlian mereka tetapi tidak memiliki gelar dalam pemrograman komputer.

Fitur

Saat Anda menjelajahi antarmuka, Anda akan menyadari ada lebih banyak hal di Google Classroom daripada yang Anda duga sebelumnya. Anda dapat menambahkan branding Anda sendiri ke antarmuka agar terlihat seperti sekolah Anda. 
 
Pada halaman utama kelas, Anda dapat membiarkan siswa melihat semua tugas dengan cepat. Tentu saja ada komponen penilaian, yang juga mudah digunakan. Menyiapkan kuis akan terlihat familiar bagi siapa saja yang telah menggunakan Formulir Google (karena sebenarnya menggunakan Formulir Google).

Seiring waktu, Anda akan terus menemukan fitur-fitur baru. Anda dapat menggunakan fungsi Kalender bawaan Google untuk melihat tanggal jatuh tempo pada penugasan. Mengundang siswa ke kelas cepat dan efisien - Anda hanya memberi mereka satu kode sederhana untuk digunakan ketika mereka ingin bergabung. (Anda juga dapat menambahkannya dengan nama jika sudah ada di akun G-Suite for Education Anda.) Di backend Anda dapat membuat ruang kelas tambahan untuk lebih banyak guru di sekolah Anda.
Baca Juga : Tidak Punya Flashdisk, tapi Ingin Simpan File Aman dan Gratis

Bagi perusahaan yang ingin menggunakan aplikasi ini untuk program pelatihan dan orientasi karyawan baru, Google Classroom cukup bagus dan tidak memerlukan pelatihan apa pun. Anda dapat menjalankan kelas baru, membuat tugas, menambah pengguna baru, dan mengadakan seminar pelatihan dalam waktu sekitar 10 menit - semuanya tanpa membaca satu file bantuan.

Di luar dasar-dasar menjalankan kelas virtual, aplikasi ini memungkinkan Anda memberikan nilai ke dalam format spreadsheet, yang berguna jika Anda perlu berbagi hasil dengan pengawas. Untuk tambahan fitur konferensi video, enkripsi dan keamanan, serta dukungan teknis khusus, tidak ada informasi tentang harga untuk peningkatan itu - tampaknya bervariasi berdasarkan kebutuhan sekolah.

Kesimpulan :

Google Classroom terlihat seperti aplikasi sistem pembelajaran yang lebih maju pada pandangan pertama. Namun, ketika Anda mulai menggunakannya, Anda dapat dengan mudah menambahkan tugas, materi pelajaran, dan pekerjaan rumah. Karena pendekatan langsung ini, aplikasi gratis (termasuk dengan G-Suite for Education) luar biasa kuat sebagai alat pembelajaran bagi siapa pun termasuk perusahaan. Semoga artikel tentang panduan google classroom untuk guru dan siswa, Fitur, Biaya dan Performa ini bermanfaat dan terimakasih.

dedi_i
dedi_i Tak perlu pintar dan terkenal untuk berbagi, yang penting keikhlasan dari dalam hati.

Post a Comment