Ganti Password Gmail Anda Itu Mudah, Ini Caranya

Table of Contents

Ganti Password Gmail Itu Mudah, Jadi Tenang Jika Anda Lupa Passwordnya

cara mengganti Password Gmail
Ganti Password Gmail Anda Itu Mudah, Ini Caranya. source: omahinfo.com


Salam sobat omahinfo,

Lupa password gmail? bisa dikatakan merupakan hal yang wajar jika Anda memiliki banyak email yang anda gunakan untuk berbeda akun sosial media, bisa juga karena sudah lama tidak membuka atau Anda menggunakan generator password yang mana memberika anda password yang rumit dan susah diingat dan Anda lupa untuk mencatatnnya. Tidak perlu bingung atau putus asa, karen dalam artikel ini Anda akan menemukan sebuah harapan untuk bisa akses kembali gmail Anda. Berikut ini adalah panduan atau cara ganti password anti password gmail baik via android, iOS dan desktop disertai cara mereset password gmail Anda. 

Sebelum Anda mengetahui cara untuuk ganti password gmail Anda, mari kita pelajari sedikit apa itu pengertian Gmail. Utnuk lebih lengkapnya mari simak penjelasan dibawah ini.


Pengertian Gmail

Gmail Google adalah salah satu penyedia email terbaik di dunia, dengan lebih dari satu miliar pengguna secara rutin memeriksa akun mereka. Anda dapat menggunakan Gmail baik sebagai akun pribadi, atau sebagai bagian dari akun G Suite, yang dilengkapi dengan Hangouts, Google Tasks, Google Keep, dan Google Kalender. jika Anda menggunakan Gmail untuk bisnis sebagai bagian dari tim, Anda mungkin memiliki beberapa pemberitahuan secara update.

Bagaimanapun Anda menggunakan Gmail, kehilangan akses setelah lupa detail login Anda atau diretas karena password yang lemah dapat berdampak besar bagi Anda baik kehidupan pribadi maupun bisnis Anda.

Baca Juga : Cara Buat Akun Gmail Baru

Password yang aman adalah langkah pertama dalam melindungi akun dan data Anda, dan penting bagi Anda untuk memperbaruinya secara teratur, memastikan bahwa password tersebut sulit ditebak dan belum digunakan untuk aplikasi atau akun Anda yang lain. Berikut adalah cara untuk ganti password Gmail Anda di perangkat desktop, Android, dan iOS.

Cara Ganti Password Gmail Via Desktop

Pertama, buka (log in) Akun Google Anda di browser Internet - ini akan membawa Anda ke gambaran umum akun Anda.

source  my account gmail
 

Kemudian, pilih Keamanan (Security) dari menu di sisi kiri layar Anda. Di bawah Masuk ke Google (Signing into Google,), pilih Password, dan masukkan password baru Anda (Anda mungkin perlu masuk lagi pada tahap ini). Terakhir, pilih Ganti password (Change Password).

Sebaiknya Anda juga menambahkan nomor telepon atau alamat email pemulihan jika Anda kehilangan akses ke akun Anda di masa mendatang dan agar Google dapat menghubungi Anda jika mengetahui aktivitas tidak biasa yang terkait dengan akun Anda.

Baca Juga: Hapus Tombol Google Meet Dari Gmail


Untuk melakukan ini, kembali ke Keamanan (Security), dan gulir ke bawah ke 'Cara kami dapat memverifikasi Anda (Ways that we can verify it's you)'. Pilih Telepon pemulihan atau Email pemulihan dan ikuti petunjuknya.

Setelah Anda mengganti sandi, Anda akan dikeluarkan dari mana pun, kecuali yang berikut ini:

  • Perangkat yang Anda gunakan untuk memverifikasi bahwa itu memang Anda saat masuk.
  • Beberapa perangkat dengan aplikasi pihak ketiga yang Anda berikan akses akun.
  • Perangkat rumah pintar yang Anda berikan akses akun.

Selain ganti password gmail Anda via desktop, ternyata ganti password gmail bisa di lakukan via ponsel baik itu pinsel android maupun iOS. Untuk cara ganti password gmail di Android dan iOS, simak penjelasan dibawah ini.


Cara Ganti Password Gmail Via Android

Jika Anda memiliki perangkat Android, Anda dapat mengganti kredensial login Anda melalui pengaturan perangkat Anda.

 

source  my account gmail

Pertama, buka aplikasi Pengaturan (Settings App atau Settings) dan kemudian pilih Google> Kelola akun Google Anda (Manage your Google account).

Di bagian atas ikhtisar akun Anda, Anda dapat menelusuri berbagai bagian. Buka Keamanan (Security), lalu gulir ke bawah untuk Masuk ke Google (Signing in to Google). Pilih Password (Anda mungkin perlu masuk lagi di sini) dan ikuti langkah-langkah untuk mengganti Password Anda.

Cara Ganti Password Gmail Via iOS

Jika Anda menggunakan Gmail dengan iPhone atau iPad, Anda harus membuka aplikasi Gmail untuk menggantipassword Anda.

Di kanan atas aplikasi, ketuk gambar profil Anda (atau huruf pertama dari nama Anda jika Anda belum menyetel gambar profil), lalu pilih Kelola Akun Google Anda (Manage your Google Account).

Di bagian atas layar, ketuk Info Pribadi (Personal Info), lalu di bawah Profil, ketuk password. Masukkan password baru Anda dan pilih Ganti password (Change Password).

Selain mengganti password gmail, Anda juga bisa melakukan reset password gmail, jika Anda benar-benar lupa dengan pasword Anda. Utnuk lebih lengkapnya, simak penjelasan dibawah ini.

Cara Reset Ulang Password Gmail Anda

Lupa password Gmail Anda? Buka halaman Pemulihan Akun Google (Google's Account Recovery), di mana Anda akan diminta untuk memasukkan alamat email Anda dan password terakhir yang Anda ingat digunakan dengan akun tersebut.

source  my account gmail
 

Jika Anda tidak dapat mengingat sandi apa pun, pilih 'Coba cara lain (Try another way)', dan Google akan mengirimkan pemberitahuan ke ponsel Anda, itu jika Anda telah menambahkan nomor pemulihan ke akun Anda.

Jika Anda belum menyiapkan nomor pemulihan, pilih 'Coba cara lain (Try another way)' lagi, dan Google akan mengirimkan pemberitahuan ke alamat email pemulihan Anda.

Masih belum bisa masuk? Tekan 'Coba cara lain (Try another way)' sekali lagi, dan Anda akan diminta untuk menjawab pertanyaan keamanan yang Anda pilih saat membuka akun Gmail Anda.

Jika semuanya gagal, dan Anda tidak ingat jawaban atas pertanyaan keamanan Anda, tekan 'Coba cara lain (Try another way)' sekali lagi. Kemudian Anda akan diminta untuk memeriksa akun email Anda setelah 12 jam, selama waktu itu Google akan mencoba memverifikasi bahwa akun tersebut milik Anda.

Baca Juga : Menghapus Tombol Google Meet dari Gmail

Jika Google dapat melakukannya, Anda akan menerima tautan untuk menyetel ulang sandi Anda. Jika Anda tidak dapat menemukan email tersebut, periksa folder Spam atau Email Massal, cari email dengan alamat pengirim noreply@google.com.

Memilih Password yang Kuat

Anda tidak boleh menggunakan password yang sama untuk aplikasi yang berbeda. Lagi pula, jika satu akun disusupi, Anda tidak ingin peretas memiliki akses ke semua akun Anda yang lain karena detail loginnya persis sama.

Jika Anda khawatir tentang mengingat banyak kredensial yang berbeda, ada beberapa uji password terbaik yang akan membantu Anda mengembangkan password Anda, yang akan menghasilkan password yang kuat untuk Anda.

Jika Anda menggunakan Gmail untuk bekerja, ada baiknya Anda juga memeriksa pengelolaan password akun untuk bisnis.

Baca Juga : Yakin Password Anda Rumit, Pastikan Dulu Disini

Jika Anda memutuskan untuk memilih password Anda sendiri, pastikan untuk menggunakan campuran angka, huruf besar, dan huruf kecil agar sulit ditebak. Simbol seperti '!' atau '%' juga patut disertakan, karena password Anda semakin sulit ditebak.

Mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah

Google menawarkan verifikasi dua langkah untuk Gmail, yang menambahkan lapisan keamanan tambahan ke akun Anda.

source  my account gmail

Kombinasi alamat email dan password Anda adalah langkah pertama untuk mendapatkan akses ke akun Anda - mengaktifkan verifikasi dua langkah berarti menambahkan langkah kedua, mempersulit penyusup untuk mendapatkan akses ke akun Anda.

Artinya, setiap kali Anda masuk ke Gmail, kode akan dikirim ke ponsel Anda melalui teks, panggilan suara, atau aplikasi Google Authenticator. Atau, jika Anda memiliki Kunci Keamanan, Anda dapat memasukkannya ke port USB komputer Anda.

Untuk mengaktifkan fitur ini, langkah-langkah hampir sama seperti yang Anda lakukan untuk mengganti password yaitu Buka Keamanan (Security), lalu gulir ke bawah untuk Masuk ke Google (Signing in to Google), pilih Verifikasi 2 Langkah.

Anda kemudian akan diminta untuk masuk lagi. Pilih metode untuk menerima kode Anda dan pilih Coba sekarang.

Baca Juga: Cara Ganti Password Facebook

Sebuah prompt akan dikirim ke perangkat Anda, setelah itu Anda harus memasukkan opsi cadangan jika Anda kehilangan ponsel atau langkah kedua yang Anda inginkan tidak tersedia. Jawab perintahnya, lalu Anda akan dapat mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah.

Kesimpulan

Itulah cara ganti password gmail maupun mereset password gmail baik melalui desktop, perangkat Android, ataupun perangkat iOS. Tak ada salahnya melakukan usaha pencegahan dari pada Anda menyesal di akhir. Semoga informasi ini tekait ganti password gmail ini bermanfaat dan terima kasih.

dedi_i
dedi_i Tak perlu pintar dan terkenal untuk berbagi, yang penting keikhlasan dari dalam hati.

Post a Comment