Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Ganti atau Reset Ulang Password Gmail Anda


Cara Mengubah Password Gmail Anda
source  pixabay

Salam sobat omahinfo,
Ingin mengganti password Gmail Anda? Atau, apakah Anda lupa detail login Anda? Admin omahinfo akan membantu Anda, dengan semua yang perlu Anda ketahui tentang mengganti atau reset ulang password Gmail Anda, baik ketika Anda mengakses email melalui desktop, perangkat Android, ataupun perangkat iOS.

Gmail Adalah

Gmail Google adalah salah satu penyedia email terbaik di dunia, dengan lebih dari satu miliar pengguna secara rutin memeriksa akun mereka.

Anda dapat menggunakan Gmail baik sebagai akun pribadi, atau sebagai bagian dari akun G Suite, yang dilengkapi dengan Hangouts, Google Tasks, Google Keep, dan Google Kalender. jika Anda menggunakan Gmail untuk bisnis sebagai bagian dari tim, Anda mungkin memiliki beberapa pemberitahuan secara update.

Bagaimanapun Anda menggunakan Gmail, kehilangan akses setelah lupa detail login Anda atau diretas karena sandi yang lemah dapat berdampak besar bagi Anda secara pribadi dan bisnis Anda.
Baca Juga : Cara Simple Buat Akun Gmail via Hp
Password yang aman adalah langkah pertama dalam melindungi akun dan data Anda, dan penting bagi Anda untuk memperbaruinya secara teratur, memastikan bahwa password tersebut sulit ditebak dan belum digunakan untuk aplikasi atau akun Anda yang lain.

Berikut adalah cara terbaik untuk mengganti password Gmail Anda di perangkat desktop, Android, dan iOS.

Cara Mengganti Password Gmail Anda di Komputer

Pertama, buka Akun Google Anda di browser Internet - ini akan membawa Anda ke gambaran umum akun Anda.

source  my account gmail
 

Kemudian, pilih Keamanan (Security) dari menu di sisi kiri layar Anda. Di bawah Masuk ke Google (Signing into Google,), pilih Sandi, dan masukkan sandi baru Anda (Anda mungkin perlu masuk lagi pada tahap ini). Terakhir, pilih Ganti password (Change Password).

Sebaiknya Anda juga menambahkan nomor telepon atau alamat email pemulihan jika Anda kehilangan akses ke akun Anda di masa mendatang dan agar Google dapat menghubungi Anda jika mengetahui aktivitas tidak biasa yang terkait dengan akun Anda.

Untuk melakukan ini, kembali ke Keamanan (Security), dan gulir ke bawah ke 'Cara kami dapat memverifikasi Anda (Ways that we can verify it's you)'. Pilih Telepon pemulihan atau Email pemulihan dan ikuti petunjuknya.

Setelah Anda mengganti sandi, Anda akan dikeluarkan dari mana pun, kecuali yang berikut ini:

  • Perangkat yang Anda gunakan untuk memverifikasi bahwa itu memang Anda saat masuk.
  • Beberapa perangkat dengan aplikasi pihak ketiga yang Anda berikan akses akun.
  • Perangkat rumah pintar yang Anda berikan akses akun.


Mengganti Password Gmail Anda di Android

Jika Anda memiliki perangkat Android, Anda dapat mengganti kredensial login Anda melalui pengaturan perangkat Anda.

 

source  my account gmail

Pertama, buka aplikasi Pengaturan (Settings App atau Settings) dan kemudian pilih Google> Kelola akun Google Anda (Manage your Google account).

Di bagian atas ikhtisar akun Anda, Anda dapat menelusuri berbagai bagian. Buka Keamanan (Security), lalu gulir ke bawah untuk Masuk ke Google (Signing in to Google). Pilih Password (Anda mungkin perlu masuk lagi di sini) dan ikuti langkah-langkah untuk mengganti Password Anda.

Mengganti Password Gmail Anda di iOS

Jika Anda menggunakan Gmail dengan iPhone atau iPad, Anda harus membuka aplikasi Gmail untuk menggantipassword Anda.

Di kanan atas aplikasi, ketuk gambar profil Anda (atau huruf pertama dari nama Anda jika Anda belum menyetel gambar profil), lalu pilih Kelola Akun Google Anda (Manage your Google Account).

Di bagian atas layar, ketuk Info Pribadi (Personal Info), lalu di bawah Profil, ketuk password. Masukkan password baru Anda dan pilih Ganti password (Change Password).

Cara Reset Ulang Password Gmail Anda

Lupa password Gmail Anda? Buka halaman Pemulihan Akun Google (Google's Account Recovery), di mana Anda akan diminta untuk memasukkan alamat email Anda dan password terakhir yang Anda ingat digunakan dengan akun tersebut.

source  my account gmail
 

Jika Anda tidak dapat mengingat sandi apa pun, pilih 'Coba cara lain (Try another way)', dan Google akan mengirimkan pemberitahuan ke ponsel Anda, itu jika Anda telah menambahkan nomor pemulihan ke akun Anda.

Jika Anda belum menyiapkan nomor pemulihan, pilih 'Coba cara lain (Try another way)' lagi, dan Google akan mengirimkan pemberitahuan ke alamat email pemulihan Anda.

Masih belum bisa masuk? Tekan 'Coba cara lain (Try another way)' sekali lagi, dan Anda akan diminta untuk menjawab pertanyaan keamanan yang Anda pilih saat membuka akun Gmail Anda.

Jika semuanya gagal, dan Anda tidak ingat jawaban atas pertanyaan keamanan Anda, tekan 'Coba cara lain (Try another way)' sekali lagi. Kemudian Anda akan diminta untuk memeriksa akun email Anda setelah 12 jam, selama waktu itu Google akan mencoba memverifikasi bahwa akun tersebut milik Anda.

Baca Juga : Menghapus Tombol Google Meet dari Gmail

Jika Google dapat melakukannya, Anda akan menerima tautan untuk menyetel ulang sandi Anda. Jika Anda tidak dapat menemukan email tersebut, periksa folder Spam atau Email Massal, cari email dengan alamat pengirim noreply@google.com.

Memilih Password yang Kuat

Anda tidak boleh menggunakan password yang sama untuk aplikasi yang berbeda. Lagi pula, jika satu akun disusupi, Anda tidak ingin peretas memiliki akses ke semua akun Anda yang lain karena detail loginnya persis sama.

Jika Anda khawatir tentang mengingat banyak kredensial yang berbeda, ada beberapa uji password terbaik yang akan membantu Anda mengembangkan password Anda, yang akan menghasilkan password yang kuat untuk Anda.

Jika Anda menggunakan Gmail untuk bekerja, ada baiknya Anda juga memeriksa pengelolaan password akun untuk bisnis.

Baca Juga : Yakin Password Anda Rumit, Pastikan Dulu Disini

Jika Anda memutuskan untuk memilih password Anda sendiri, pastikan untuk menggunakan campuran angka, huruf besar, dan huruf kecil agar sulit ditebak. Simbol seperti '!' atau '%' juga patut disertakan, karena password Anda semakin sulit ditebak.

Mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah

Google menawarkan verifikasi dua langkah untuk Gmail, yang menambahkan lapisan keamanan tambahan ke akun Anda.

source  my account gmail

Kombinasi alamat email dan password Anda adalah langkah pertama untuk mendapatkan akses ke akun Anda - mengaktifkan verifikasi dua langkah berarti menambahkan langkah kedua, mempersulit penyusup untuk mendapatkan akses ke akun Anda.

Artinya, setiap kali Anda masuk ke Gmail, kode akan dikirim ke ponsel Anda melalui teks, panggilan suara, atau aplikasi Google Authenticator. Atau, jika Anda memiliki Kunci Keamanan, Anda dapat memasukkannya ke port USB komputer Anda.

Untuk mengaktifkan fitur ini, langkah-langkah hampir sama seperti yang Anda lakukan untuk mengganti password yaitu Buka Keamanan (Security), lalu gulir ke bawah untuk Masuk ke Google (Signing in to Google), pilih Verifikasi 2 Langkah.

Anda kemudian akan diminta untuk masuk lagi. Pilih metode untuk menerima kode Anda dan pilih Coba sekarang.

Baca Juga : Cara Reset Ulang Password Spotify

Sebuah prompt akan dikirim ke perangkat Anda, setelah itu Anda harus memasukkan opsi cadangan jika Anda kehilangan ponsel atau langkah kedua yang Anda inginkan tidak tersedia. Jawab perintahnya, lalu Anda akan dapat mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah.

Kesimpulan

Itulah cara ganti atau reset ulang password gmail Anda baik melalui desktop, perangkat Android, ataupun perangkat iOS. Tak ada salahnya melakuakan usaha pencegahan dari pada Anda menyesal di akhir. Semoga informasi ini bermanfaat dan terima kasih.

dedi
dedi Seorang blogger pemula yang mencoba membagikan apa yang dia temukan.Tak perlu pintar dan terkenal untuk berbagi, yang penting keikhlasan dari dalam hati.

Post a Comment for "Cara Ganti atau Reset Ulang Password Gmail Anda "

Berlangganan via Email