Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

20 Usaha Sampingan Dengan Keuntungan Menggiurkan

Usaha Sampingan Seperti Apa yang Cocok dan Tepat Untuk Anda


Salam sobat omahinfo,
Keterbatasan penghasilan atau pendapatan seseorang menjadi suatu alasan kenapa Anda membutuhkan sebuah usaha sampingan demi memenuhi kebutuhan kehidupan pribadi dan keluarga yang setiap tahun naik. Kurangnya modal dan pengalaman usaha menjadi alasan klasik, kenapa Anda belum berani menjalankan usaha sampingan? Berikut ini beberapa usaha sampingan yang bisa Anda lakukan baik anda seorang karyawan atau ibu rumah tangga.
 
Dalam menjalankan usaha sampingan, sebenarnya niata dan tekat yang tak pernah kendorlah menjadi kunci utama. Meskipun Anda seorang karyawan, ibu rumah tangga ataupun seorang mahasiswa, pasti ada jalan untuk mempunyai sebuah usaha sampingan yang cocok dan tepat untuk Anda.

Sebelum Anda mengetahui usaha sampingan yang memberikan keuntungan yang menggiurkan, mari disimak apa saja keuntungan untuk Anda jika menjalankan usaha sampingan.

Keuntungan Menjalankan Usaha Sampingan

Menjalankan usaha sampingan di masa seperti seperti sudah semakin populer. Hal ini terbukti semakin banyaknya usaha sampingan yang bisa Anda miliki baik Anda seorang karyawan, ibu rumah tangga maupun seorang mahasiswa atau mahasiswi dan Bisa Anda jalankan baik rumah di desa dan kota serta dengan modal dan tanpa modal. Berikut ini beberapa keuntungan menjalankan usaha sampingan yang bisa Anda dapatkan, diantaranya:
  1. Penghasilan Tambahan
  2. Tabungan Masa Depan
  3. Mewujudkan Impian Yang Belum Tercapai
  4. Ajang Kreatifitas
  5. Meningkatkan Soft Skill dan Hard Skill
  6. Melatih hidup Mandiri
  7. Melatih Kepemimpinan
  8. Membangun Ketrampilan Bisnis Sejak Dini
  9. Menjadi Nilai Tambah Dalam Portofolio
  10. Tentunya, Anda Yang Menjadi Bos
Ternyata banyak juga keuntungan yang akan Anda dapatkan, krtika Anda menjalankan sebuah usaha sampingan. Nah usaha sampingan apa yang sesuai dan cocok untuk Anda dan memberikan keuntungan yang menggiurkan. Penasaran, mari simak penjelasan dibawah ini.

Usaha Sampingan Dengan Keuntungan Menggiurkan

Anda sebagai karyawan super sibuk, ibu rumah tangga dengan kerjaan rumah tangga yang banyak maupun mahasiswa kupu-kupu, Anda masih memiliki kemungkinan menjalankan sebuah usaha sampingan. Dengan sedikit kejelian dari Anda yang mampu melihat peluang, usaha sampingan dengan keuntungan menggiurkan sudah pasti akan berada di genggaman Anda. Berikut ini beberapa usaha sampingan yang memberikan keuntungan menggiurkan baik dengan modal maupu tanpa modal, diantaranya:

1. Penerjemah Jurnal Ilmiah dan Abstrak

Jika kamu punya kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni untuk menerjemahkan, kenapa tidak dimanfaatkan sebagai usaha sampingan Anda? Mungkin awalnya Anda akan canggung ketika di tanya soal pembayaran, tapi seiring waktu dan pengalaman serta kepuasaan pelanggan, Anda akan mampu menentukan sendiri berapa yang harus Anda patok untuk sekali menerjemah.

2. Jual Makanan Keliling

Jenis usaha sampingan ini tidak membutuhkan modal yang tak terlalu besar, dan keuntungan yang sangat menggiurkan. Misalnya: dengan modal Rp. 1000 per itemnya, dan keuntungan dari setiap penjualan Rp. 1000, kita bisa mendapatkan uang harian yang lumayan banyak. Item yang sering dijual biasanya risoles, bala-bala, atau cokelat buatan sendiri. Untuk berjualan Anda juga membutuhkan sebuah kepercayaan diri yang besar untuk melakukan ini.

3. Pembuat Tugas atau Skripsi 

Hasil dari usaha sampingan ini tidak bisa Anda remehkan. Menurut informasi yang admin omahinfo dapatkan dalam pengerjaan Bab 4 terkait statistika penelitian dipatok Harga Rp 500.000, bayangkan jika Anda mengerjakan penuh dari awal, Anda bisa mendapatkan uang jutaan dari membuatkan skripsi. Setelah luluspun terkadang masih ada yang minta dari adik tingkat, atau teman lainnya. 

4. Guru Les Anak SMA/SMP/SD 

Bisa dikatakan ini adalah usaha sampingan terbanyak dilakukan dan terbaik untuk para mahasiswa, tentu saja tidak melupakan membutuhkan kemampuan mengajar yang baik juga. Selain pengetahuan yang menjadi modal dasar, kemampuan untuk berkomunikasi juga sangat penting untuk mengajar les.

5. Asisten laboratorium/ Asisten Dosen 

Usaha sampingan yang satu ini, diperlukan kepercayaan juga dari dosen terkait untuk melakukannya. Walaupun yang dihasilkannya tidak sebesar yang lainnya, tapi ini lumayan untuk menambah kemampuan, ilmu, relasi, dan juga CV Anda. 

Pekerjaan ini semakin menarik, karena Anda akan mengenal begitu banyak dosen baik itu dari dalam Universitas maupun luar unversitas. Jika Anda beruntung, Anda adakan diajak penelitian bersama, dan biaya penelitianmu dibebaskan, seperti saya dulu.

6. Pengawas UTS/UAS 

Usaha sampingan sebagai pengawas UTS/UAS, mungkin tidak semua kampus punya aturan seperti ini. Dikampus admin dulu pengawas ujian itu direkrut juga oleh bagian akademik, dan mahasiswa boleh ikut daftar selama ujiannya tidak bentrok dengan kegiatannya.

7. Manggung di Cafe/ Restoran 

Jika Anda mempunyai talenta untuk bermain musik? atau punya band yang kompak dan hits selama kuliah? ini salah satu ide yang menarik untuk menjadi usaha sampingan Anda, karena kebanyakan hanya membutuhkan waktu Anda setiap malam minggu atau hari minggunya. 

Selain mendapatkan uang, akan mempermudah mendapatkan banyak kenalan dan jika bakat anda bagus dan viral akan menarik orang yang mau meprodusi And dan membuka jalan ke dunia industri musik saat ini. Mungkin juga bisa membuka peluang untuk mengajar les musik.

8. Survei Online 

Jika Anda memiliki waktu senggang yang cukup banyak seperti saat istirahat di kos yang lama, jeda pergantian kelas dan saat istirahat makan siang, Anda bisa memanfaatkannya dengan ikut survei online. 

Dengan mengisi survei tersebut Anda akan mendapatkan uang setiap survei yang Anda selesaikan. Ini adalah salah satu usaha sampingan online work yang bisa dikerjakan kapan saja.

9. Desain Grafis 

Jika Anda mempunyai kemampuan untuk mendesain, kenapa tidak memanfaatkan dan menjadikan nya sebagai usaha sampingan Anda. Dengan pekerjaan yang sesuai hobi membuat Anda tidak merasa terbebani sekaligus mendapatkan uang. Banyak perusahaan yang membutuhkan seorang freelancer yang mempunyai kemampuan design. 

Selain itu, di dunia jaman sekarang, pekerjaan desain grafis juga bisa dilakukan dari kos-kosan atau rumah atau dikenal online work. Seperti salah satu platform di mesin pencari google menyediakan sebuah platform pekerjaan bagi desain grafis. Jika para pemesan puas dengan hasil permintaan mereka, maka Anda akan mendapatkan penilaian bagus dan untuk sistem pembayaran juga semakin mahal.

10. Penulis Freelance 

Tidak hanya untuk surat kabar atau majalah profesional, situs web, blog dan majalah juga membutuhkan para penulis freelance untuk mengisi kanal-kanal niche mereka seperti keuangan, kesehatan, hiburan, bisnis, ekonomi gaya hidup dan masih banyak lainnya. Tak perlu bingung tentang penulisan artikel yang baik.

11. Membuat Sebuah Blog 

Ketika mendengar istilah kata blogger, mungkin bukanlah sesuatu yang baru. Anda sekarang bisa menemukan ribuan blog di internet yang bekerjasama dengan produk-produk tertentu ataupun dengan google adsense. 

Setiap kunjungan dan klik dari para pengunjung begitu sangat berarti untuk para blogger untuk menuai pundi-pundi rupiah dan menjadi usaha sampingan yang menjanjikan sampai Anda tua. Jika kalian bingung untuk menentukan niche blog Anda, Anda bisa membaca sedikit pengalaman saya di omahinfo.

12. Membuat Channel Youtube 

Mempunyai Channel youtube bukanlah hal yang baru, dan mungkin masih menjadi impian banyak orang ketika sudah mempunyai channel youtube yang sudah temonetisasi oleh google adsense. Buatlah Channel yang mengekpresikan hobi dan minatmu agar mudah di kemudian hari yang mungkin tidak hanya menjadi usaha sampingan, tapi bisa menjadi perkerjaan utama Anda.

13. Pedagang Online 

Jika dulu Anda berjualan pasti membutuhkan tempat untuk untuk berjualan, belum lagi sewa kios yang terbilang cukup mahal. Dengan media internet bisa menjadi lapak untuk barang jualan Anda, dan memungkinkan para calon konsumen bukan hanya warga sekitar tapi bisa berasala dari beda pulau bahkan beda negara. 

Kalian juga harus memahami produk yang laris dipasaran, ketika Anda menjadikan usaha sampingan ini menjadi pilihan Anda. Yang terpenting untuk menjadi pedangang online adalah jangan malu memasarkan produk yang anda jual dan tidak lupa belajar SEO untuk jualan online, ingat jujurlah ketika menjadi pedagang online. 

14. Ojek Online 

Pekerjaan ini adalah pekerjaan utama atau usaha sampingan yang 3 tahun terkahir banyak diminati oleh banyak orang tak terkecuali oleh mahasiswa. Dengan sistem fleksibel membuat Ojek Online menjadi pilihan yang diminati untuk menambah kantong Anda.

15. Gamers dan menjual akun Game Online 

Setelah resmi menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di SEA GAmes 2019. Gamers menjadi salah satu pekerjaan yang diminati kalangan muda. Karena selain menyenangkan dan menghasilkan uang, juga sekarang menjadi salah satu profesi yang dilirik oleh para milenial. 

16. Barista 

Kedai Kopi beberapa tahun ini mulai menjamur di berbagai daerah. Kopi sendiri menjadi gaya hidup yang membudaya sehingga sulit ditingalkan. Menjadi seorang Barista merupakan pilihan cukup bagus menjadi salah satu usaha sampingan Anda, ketika akhir pekan maupun liburan semester. 

Setiap Kedai Kopi kadang memberikan pelatihan untuk mengajarkan bagaimana membuat kopi dan melayani pelangga. Selain Uang, Anda juga akan mendapatkan ilmu yang berguna jika Anda ingin mendirikan kedai kopi sendiri.

17. Social Media Spesialist 

Ini merupakan salah satu pekerjaan yang baru-baru ini muncul terkait dengan perkembangan Social Media dalam penunjang kesuksesan sebuah produk. Selain mengelola akun tersebut, Anda juga harus membuat konten yang akan naik di social media perusahaan. Selain itu anda juga harus memberikan peayanan teraik dalam hal menjawab semua pertanyaan yang masuk lewat media sosial.

18. Web developer 

Perkembangan Teknologi yang semakin cepat, efisien dan komprehensif, membuat pekerjaan ini sangat cocok bagi para mahasiswa yang ahli dalam bidang ini sebagai usaha sampingan. Selain mendapatkan pundi-pundi uang yang cukup besar, anda juga bisa mendapatkan ilmu lapangan yang berguna bagi Anda.

19. Fotografer 

Banyaknya Influencer semakin membuka peluang jenis usaha sampingan ini. Jenis usaha ini dimanfaatkan para Influencer untuk mengabadikan secara khusus kegiatan mereka yang nantinya akan di upload di social media mereka. 

20. Reksa Dana 

Mungkin banyak orang yang mengetahui tentang Reksa Dana, tapi sedikit yang berani mengeksekusi aksi mereka dan menjadikan usaha sampingannya. 

Kalian hanya membutuhkan waktu tertentu untuk memantau perkembangan grafik tak perlu tiap jam hanya saja beberapa waktu tertertu dan ada hal penting yang harus kalian perhatikan juga adalah pasar dunia yaitu terkait kejadian apa yang sedang terjadi didunia internasional.

Kesimpulan:

Itulah 20 ide usaha sampingan tanpa modal, modal kecil dan modal besar baik Anda seorang karyawan, ibu rumah tangga maupun mahasiswa yang mampu memberikan banyak keuntungan untuk Anda. Memang adanya masalaha terkait modal menjadi hambatan umum, tapi tak semua usaha sampingan membutuhkan modal. Yang terpenting adalah niat dan tekat yang tinggi untuk menjalankan usaha. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.
dedi_i
dedi_i Seorang blogger pemula yang mencoba membagikan apa yang dia temukan.Tak perlu pintar dan terkenal untuk berbagi, yang penting keikhlasan dari dalam hati.

2 comments for "20 Usaha Sampingan Dengan Keuntungan Menggiurkan"

  1. Wah, bagus sekali informasinya, berarti saya masuk kategori nomor #11 membuat sebuah blog, soalnya membuat blog itu keren, setiap saat menguji kesabaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam sobat omahinfo,
      Terimakasih telah berkunjung ke blog saya. Mantap sekali, membuat sebuh blog itu menyenangkan, disamping bisa belajar juga bisa menyampaiakan ide yang ada dipikiran kita.

      Delete